Buka Event Perdana di Baturaja, YPN Angkat Bendera Start, Lepas Peserta Downhill Dan Cross Country Olympic

waktoe.id | Baturaja.Sum-Sel.Wakil Ketua I DPRD OKU, Yudi Purna Nugraha SH (YPN) melepas perserta Downhill dan Cross Country Olympic yang digelar di Taman Hutan Wisata 10-11 Desember di Balau Bike Park Baturaja. Minggu (11/12/22).

Dikesempatan itu, YPN selaku wakil ketua I DPRD OKU diminta untuk mengangkat bendera start melepas peserta lomba yang menandakan pembukaan secara resmi. Dalam kegiatan tersebut dihadiri juga Sekda OKU, Dr H Achmat Tarmizi mewakili Pj Bupati OKU, Ketua ISSI Provinsi Sumsel, Ketua KONI Kabupaten OKU, kepala Dispora OKU dan dihadiri juga anggota DPRD OKU, M. Saleh Tito. ST selaku pengelola Taman Hutan Wisata dan sahabat Hutan Kota.

YPN menyampaikan bahwa, Keberadaan Balau Bike Park Baturaja tidak terlepas dari perjuangan sosok Sahabat Hutan Kota (M .Saleh Titok Red) yang telah berupaya keras membuka lahan sebagai taman hutan kota sehingga terbentuknya sirkuit untuk kegiatan Downhill dan Cross Country Olympic.

“Berkat tangan beliau (M Saleh Tito Red) sehingga hadirnya MS Tito hutan taman kota terbuka untuk kita semua. Sehingga dapat menyelenggarakan kegiatan ini. Beliau merupakan tokoh sebenarnya sahabat hutan kota,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, Secara filosofis taman hutan rakyat dan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kita menyeimbangkan lingkungan dan kegiatan hari ini adalah upaya kita untuk menjaga lingkungan dan kaitan dengan kegiatan balap ini merupakan bagian dari upaya keseimbangan menjaga kesehatan tubuh.

Dalam event mempertandingkan dua kategori lomba yakni Cross Country Olympic (XCO) dan Downhill Gathering yang digelar berkat kerjasama antara Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) OKU dan Penggiat Downhill Baturaja.

“Ini merupakan event perdana di Baturaja, yang diikuti kurang lebih 50 peserta yang berasal Provinsi Sumsel, Jambi, Bangka dan Bengkulu,” ujar Hendra Adiansyah penggiat Downhill Baturaja.

Dikatakan Adiabsyah dalam event ini mempertandingkan dua kategori yakni XCO dan Downhill dan berbagai kelas mulai dari junior hingga master. “Untuk trek lumayan curam  ada dua trek yakni untuk Downhill sepanjang 1,2 Km dan Cross Country panjang 800 meter. Jadi untuk Cross dia sistem LAP disesuaikan dengan kelasnya,” jelasnnya.

Dalam event ini Panitia menghadirkan Komiser (Juri) dari cabang olahraga Downhill dari Provinsi Sumsel, “Para Komiser ini berlisensi Nasional yang ditunjuk untuk mengontrol kompetisi,” terangnya.

Adi berharap dengan event ini dapat mem booming kan Olahraga Downhill serta  memancing minat para pesepeda di OKU. Selain itu dengan event ini dapat memacu seluruh penggiat downhill untuk menggelar event secara bergulir. “Dengan event inilah bisa menarik penggiat-penggiat sepeda, kalau atletkan itu fokusnya ke prestasi tapi ini untuk memasyarakat olahraga Downhill,” tandasnya.

Hal senada yang disampaikan Kepala Dispora OKU Hemni Rusdi didampingi Sekretaris Dispora OKU Juarsyah, event ini untuk memasyarakat olahraga sepeda di OKU sehingga minat masyarakat untuk bersepeda semakin tinggi. “Olahraga bersepeda ini kan sehat,” kata Hemni.

Disamping itu event ini untuk mencari bibit atlet Downhill di OKU serta memberikan ruang kepada anak-anak untuk mencoba tantangan olahraga Downhill. “Jadi kita berikan ruang untuk masyarakat yang ingin mencoba olahraga Downhill, treknya sudah bagus dan standar, mungkin nanti akan kita perbaiki dan akan ditambah panjang treknya karena saat ini panjang trek belum sampai 2 KM.” ujarnya.

Trek Downhill dikawasan Wisata Hutan Kota Baturaja ini menurut Hemni cukup strategis. Terletak tidak jauh dari pusat kota serta Stadion Kemiling. “untuk trek ini aman karena masih standar,” imbuhnya.

Hemni berharap kepada seluruh unsur pihak terkait untuk mensuport kegiatan ini, kedepan kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga minat masyarakat akan olahraga bersepeda semakin meningkat.

“Tentunya kami sangat mengharapkan dukungan dari seluruh pihak agar kedepan event ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan tidak hanya sekali ini saja, tapi ada kegiatan yang kedua, ketiga dan seterusnya. Namun kita juga harus melakukan pembenahan baik dari trek lintasan, fasilitas dan infrastruktur di kawasan hutan kota baturaja ini agar lebih baik lagi,” harapnya.

Selain melepas secara resmi peserta lomba, YPN juga menyempatkan diri untuk membagikan hadiah undian bagi peserta dan penonton sehingga hal tersebut kian menyemarakkan jalannya acara.(Tim)

Artikel Terkait
album-art
Menyilau Hari Jadi Klaten
ADVERTISING