Bumdes Se Muara Sabak Timur Dapat Pencerahan, Ini Peran Balitbangda

waktoe.ID – TANJAB TIMUR, INDONESIA – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Tanjung Jabung Timur, melaksanakan program sosialisasi Usaha Dan Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Managerial Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), hal ini tidak terlepas dari kondisi  dan ramalan perekonomian dunia.

Bertempat di Kecamatan Muara Sabak Timur, (30 September 2022), pengurus Bumdes se keccamatan Muara Sabak Timur mengikuti kegiatan seminar sosialisasi tersebut. Hal ini dimaksudkan adanya kesadaran berorganisasi dalam menjalankan tugas dan fungsi untuk menunjang kesuksesan Badan Usaha Milik Desa, memiliki daya kerja yang lebih tinggi, dan mampu memetakan pontensi desa untuk dimaksimalkan.

Kondisi ancaman resesi ditangkap Balitbangda Tanjab Timur, dengan melakukan upaya penguatan ekonomi dari Desa. Bumdes menjadi sasaran penguatan tersebut dengan mengundang praktisi di bidang pengelolaan Bumdes dan akademisi dari Universitas Batanghari, Jambi

Perekonomian dunia sudah diramalkan dalam kondisi yang tidak begitu baik. Ramalan  gelap tersebut akan terjadi  pada 2023 mendatang. Presiden Jokowi telah menyampaikan bahwa hasil pertemuan beliau dengan Sekjen PBB, beberapa pemimpin negara G7 dan Bos-bos lembaga keuangan internasional, mereka menyatakan bahwa tahun ini akan sulit dan tahun depan akan gelap.

Meskipun dikatakan pada saat ini laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih dalam keadaan normal, dari data BPS, ekonomi triwulan II/2022 tercatat tumbuh mencapai 5,4%, lebih tinggi dibandingkan 2020. Namun ancaman Stagflasi dan Inflasi tetap bisa saja mengintai negara kita ini.

Kunci keberhasilan membuat sebuah desa yang tangguh tidak lepas dari peran Leadership lokal yang kuat dan ditopang komitmen kuat dari dunia usaha sebagai mitra sejajar dalam pengembangan desa.

Disampaikan Kepala Balitbangda, Gustin Wahyudi kepada Kantor Berita Waktoe, Kamis, 3 November 2022, tujuan sosialisasi sendiri yakni untuk mensosialisasikan pentingnya Badan Usaha Milik Desa Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang akan memberikan dampak meningkatnya kesejahteraan masyarakat melalui pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Desa dan meningkatkan Pendapatan Asli Desa yang dapat dimanfaatkan untuk pembanguna Desa.

Lebih lanjut disampaikan, seminar ini, kita menghasilkan praktisi Zuvita Erdaningsih (Direktur Bumdes Karya Bersama, Desa Delima Kec. Tebing Tinggi Kab. Tanjung Jabung Barat) dan Dr. Osrita Hapsara, SE.MM, Wakil Rektor I Universitas Batanghari, Jambi.

“Kegiatan sosialisais kita adakan Tiga kali, dimana sebelumnya di Kecamatan Dendang,  dan Kecamatan Muara Sabak Timur, dan di Geragai,” pungkasnya.

Artikel Terkait
album-art
Menyilau Hari Jadi Klaten
ADVERTISING