Gus Muhaimin Dari Klaten Menyilau Indonesia

KLATEN, INDONESIA , Minggu, 21 Agustus 2022 – Festival Gus Muhaimin (Muhaimin Iskandar) Ketua DPP PKB yang di selenggarakan di Bhumi Kevu sebutan yang sering disematkan untuk Kabupaten Klaten, mengusik pikiran banyak orang. Ada apa sebetulnya Ketum PKB ini memilih Klaten dalam momentum festivalnya, apalagi Klaten merupakan wilayah yang berada di antara Dua Kerajaan Surakarta dan Yogyakarta. Klaten secara peta politik bukan milik Partai yang lahir dari (Nahdhatul Ulama) ormas Islam  terbesar di Indonesia. Lalu apa maksud Gus Muhaimin memilih Klaten?.

Pagi itu, Minggu, 21 Agustus 2022, parogo kirab budaya yang dimulai dari taman Lampion yang merupakan  simbol pluralisme telah bersiap. Arakan sapi yang menggambarkan rojokoyo, Jathilan, Tari Payung yang dibawakan gadis belia, dan Barongsai serta komunitas vespa dan tak ketinggalan  komunitas sepeda onthel sudah bersiap. Ketua DPC PKB Kab. Klaten, Bambang Susanto turun langsung untuk mengecek kesiapan peserta. Bahkan Bambang mencoba menunggangi Sapi bersama Jumarno salah satu anggota dewan dari fraksi PKB. Satu- persatu Bambang mengecek langsung dan melakukan koordinasi dengan jajarannya, sambil menunggu kedatangan Gus MUhaimin di lokasi.
Perpaduan gaya lama dan milenial, kaum abangan dan santri diperlihatkan, yang menggambarkan PKB merupakan partai terbuka, yang bisa menjadi tumpuan bagi siapapun, tidak membedakan suku, agama dan golongan, kaum petani maupun milenial, buruh, dan bahkan dari etnis keturunan China maupun lainnya. Partai yang sangat pluralisme, menjaga toleransi dan budaya nusantara.
Kemeriahan, dengan gamelan barongsai mengawali atraksi barongsai menggugah penonton untuk berkumpul, pekikan suara knalpot King (motor sepanjang zaman) menambah semarak  dan menggugah adrenalin penonton.
Taman lampion yang berada di jalan protokol tentu memberikan PR bagi Polantas untuk mengatur rekayasa lalulintas agar jalannya festival Muhaimin lancar terkendali.
Jumarno Dewan PKB yang menunggangi Sapi Brenggolo Putih, dengan memakai wig  (rambut palsu) panjang nampak konsentrasi memegang tali kelohan sapi. Ekpresi  yang ditampilkan Jumarno betul-betul totalitas.
Dengan gaya gondrong memakai wig, sebetulnya sejak lama berkeinginan seperti itu, kata Jumarno mengawali percakapannya dengan reporter Kantor berita waktoe termasuk menaiki sapi yang di identikan Bajingan (penamaan Jawa, red) ada perasaan senang dan totalitas, merasakan dan berbaur dengan rakyat, selama ini mengaji sekarang jadi bajingan, selama ini rambut cepak dengan jas safari kini berambut panjang seperti memiliki kebebasan.
Jumarno wakil ketua fraksi PKB  DPRD Kabupaten Klaten akan All out, totalitas untuk memenangkan Gus Muhaimin di  2024 bersama lapisan masyarakat.
1000 grobak yang berada di dapil 2 Klaten yang menjadi daerah pilihannya, hari ini diwakili 10 Gerobak dan saya pimpin langsung. Paguyuban Bajingan ini berada di  perbatasan dengan Jogja. Setiap Kliwon di  Kepurun (pasar hewan Kepurun, Manisrenggo) selapan sekali diadakan pertemuan Bajingan sebagai simbol mempertahankan Rojokoyo.
Sama halnya dengan anggota dewan yang lainnya, seperti yang disampaikan Ruslan dari Dapil Klaten 3, kedatangan Gus Muhaimin di Klaten seperti mendapatkan angin segar. PKB dan NU yang selama ini seperti tiarap menjadi bangkit lagi dan penuh semangat. “Kita siap memenangkan Gus Muhaimin, sebagai santri yang nasionalis religius, untuk memimpin bangsa dan negara ini, supaya lebih baik dan lebih sejahtera rakyatnya.” Ujar Ruslan.
Hampir sama disampaikan juga Oleh Muthohar Anggota DPRD Fraksi PKB dari Dapil Klaten V, Kita yang di daerah  siap untuk  melaksanakan instruksi dan  target 7 kursi  adalah  target  yang realistis, dimana PKB Klaten  sekarang  Solid. Popularitas  PKB juga  naik. 7 kursi target realistis  dan bisa dicapai,  mengingat  kerja keras  Dewan yang ada sudah 4 orang dan bekerja maksimal  di Dapil masing-masing,  sehingga asumsinya Dapil 1 mendapatkan Satu Kursi, Dewan, Dapil 2 mendapatkan 2 kursi Dewan, Dapil 3 pecah telor 1 kursi Dewan, Dapil 4 mendapatkan Satu Dewan dan Dapil  5, mendapatkan Dua kursi Dewan untuk  target Pileg 2024.
Semangat itu pun dirasakan MUh Anwar, Dewan Dapil Klaten 1 ini menyatakan dengan kedatangan Gus Muhaimin memberikan support kepada kader PKB menambah semangat untuk membesarkan PKB.Dan untuk menambah harapan 7 kursi para caleg PKB harus gotong royong untuk bersama sama memperoleh suara terbanyak memupuk kebersamaan .supaya tercapai target yang diharapkan .

Friksi keretakan PKB-NU yang sempat mencuat di publik tidak terlihat di Klaten, armada Banser sebagai Underbow nya NU, tokoh-tokoh NU  terlihat mobilitasnya dalam acara yang dihelat PKB.
Kedatangan Gus Muhaimin, disambut tarian Barongsai, Dua Barongsai berjaga di pintu mobil yang di tumpangi Ketua Umum DPP PKB, terus memberikan anggukan hormat menunggu cak imin keluar dan mengawal Cucu pendiri NU ini untuk menyapa warga.
Gaya santai Cak Imin dengan berbalut kaos putih dan sepatu pantovel krem  santai khas dengan senyuman memberikan respon dan acungan jempol dan semangat saat melihat Jumarno memberikan hormat dari atas sapi. Cak imin terus berkeliling menghampiri satu persatu peserta kirab budaya yang dibalut dalam festival Muhaimin.
Rombongan vespa tak luput dihampirinya, ada 4 vespa tua yang dipersiapkan untuk dinaiki. Cak imin akan menaiki sendiri vespa yang dipilihnya,
vespa warna biru milik Muchlis yang dipilih cak imin menemaninya sampai di monumen juang 45 Klaten. Vespa super ini pun dinaiki Gus Muhaimin yang diikuti oleh rombongan paguyuban vespa, RX King, Barongsai, Tari Payung, Gedruk Merapi, sepeda Onthel dan ditutup Hadroh.
Cak imin tidak melewatkan satupun, untuk disapanya.  Terakhir
rombongan Bajingan dibawah koordinator Jumarno disapanya sebelum berangkat naik vespa.
Vespa Super warna hijau di tunggangi Cucu pendiri NU tanpa ragu,  diiringi jathilan, hadroh, barongsai cak imin naik vespa sekitar 2 Kilometer dari jarak taman lampion hingga monumen juang.
Bersama Cak Kirun pelawak kenamaan dan Woro Widhowati,  Gus Muhaimin didampingi Yusuf Chudlori ketua DPW PKB Jawa Tengah, Bambang Susanto Ketua DPC PKB Klaten dan Sukirman DPRD Provinsi Jateng menyapa masyarakat Klaten, yang hadir di lokasi dan membagikan puluhan doorprize.
Berkali- kali doorprize utama berupa umroh haji bersama Gus Muhaimin harus diulang karena hangus hingga yang ketiga kalinya didapatkan dengan nomor undian 0060 milik Sumardi warga Kecamatan Trucuk yang mendapatkan undiannya. Disamping doorprise utama ada undian sepeda motor, kulkas, sepeda gunung, dan doorprise menarik lainnya.
Klaten Menjadi Pilihan Gus Muhaimin
Dihadapan media Gus Muhaimin menyampaikan memilih Klaten yang merupakan kota yang diapit Jogja dan Solo, banyak seniman dan budayawan yang lahir di Kota ini, tetapi seringkali  seakan itu berasal dari Solo atau Jogja. Maka Klaten harus bangkit dan menunjukan jatidirinya. Termasuk Klaten juga banyak ulama besar dan itu membuktikan Klaten memiliki segalanya.
Saat disinggung friksi dengan NU, Gus Muhaimin menampik, “tidak ada, tidak ada itu friksi antara PKB dengan NU, ” Sanggah Muhaimin.
Sekali lagi, Klaten ini memiliki sejarah panjang, banyak seniman dan budayawan yang lahir dari sini tetapi selalu diatas namakan  Solo ataupun Jogja, maka Klaten harus siap bersaing dengan komponen komponen bangsa lainnya. Banyak, tumbuh SDM yang unggul, baik Ulamanya, seniman, budayawan, enterprenernya selama ini tidak terungkap secara nasional dan kita dorong Klaten kedepan harus kita munculkan.
Saat  ditanyakan konstelasi di tahun 2024, Gus Muhaimin menjelaskan, 2024 kita terus berkoalisi menambah jumlah partai dan menambah pathner dan berjalan dengan kekuatan penuh.
Dalam kesempatan tersebut perwakilan budayawan Klaten memberikan hadiah berupa wayang Parikesit kepada Gus Muhaimin sebagai simbol doa dan dukungan untuk berjuang menjadi presiden di 2024.
Diketahui, Parikesit  dalam pewayangan, setelah Perang Kurukshetra berakhir, kakek Parikesit yang bernama Yudistira (kakak Arjuna) menjabat sebagai raja di Hastinapura selama 36 tahun. Dalam kitab Prasthanikaparwa, Yudistira memutuskan untuk turun takhta, tak lama setelah wafatnya Kresna. Kemudian takhta Kerajaan Kuru diserahkan kepada Parikesit. Dalam menjabat, ia didampingi oleh kakeknya yang lain yang bernama Yuyutsu (putra Dretarastra), selaku penasihat raja.

Setelah menjabat sebagai raja, Parikesit menyelenggarakan tiga ritual yadnya. Saat melangsungkan ritual, ia berkelana ke berbagai penjuru kerajaannya. Dalam perjalanannya, ia melihat seorang pria sedang memukul banteng berkaki satu dengan menggunakan tongkat, serta menendang seekor sapi. Parikesit menahan pria tersebut lalu menjatuhkan hukuman mati. Sebelum dihukum, pria tersebut menampakkan wujud aslinya sebagai Raksasa Kali. Ia meminta ampun kepada sang raja, kemudian dibebaskan dengan syarat tidak menginjakkan kaki lagi di wilayah kekuasaan Parikesit. Sapi yang dipukul pria tadi pun menampakkan wujud aslinya sebagai Dewi Pertiwi yang dilanda duka sebab Kresna telah meninggal dunia dan kembali ke Waikuntha. Sementara si banteng adalah personifikasi dari darma yang ketiga kakinya telah dimutilasi, dan pada masa Kaliyuga ini ia berdiri dengan satu kaki saja

Tari Gambyong Bagi LPP DPC PKB Klaten
Tidak sampai di acara festival Muhaimin, tetapi DPC PKB Kabupaten Klaten masih meneruskan rangkaian kegiatannya dengan melakukan launching pendaftaran bakal calon legislatif untuk tahun 2024 bertempat di hotel Grand Cokro Klaten di hari yang sama, Minggu, 21 Agustus 2022.
Rizki dan kawan kawan menarikan tari gambyong sebagai pertanda dibukanya  pendaftaran bakal calon  legislatif Kabupaten Klaten untuk pemilu 2024 dan pertanda dimulainya kerja Lembaga Pemenangan Pemilu DPC PKB Klaten.
Tari Gambyong yang di perankan oleh Tiga gadis  memberikan filosofi bagi LPP DPC PKB Klaten. Muh Joko Sapto, Sekretaris LPP (lembaga Pemenangan Pemilu) DPC PKB Kabupaten Klaten, menyampaikan tari gambyong menandakan  ijo royo royo, sesuai arahan ketum, menghijaukan wilayah (Provinsi Jawa Tengah) dari Klaten. tari Gambyong sebagai simbol Dewi Sri yang merupakan Dewi Kesuburan atau kemakmuran.
PKB memunculkan nilai budaya, yang diharapkan berpolitik tetap menggunakan hati nurani, sebagai pedoman gerakan demokrasi kedepan dan simbol kesejahteraan ini untuk rakyat bukan untuk kelompok oligarki.
Rizki pun terkesan dapat menari gambyong di depan para pengurus PKB yang notabene partai Islam. Rizki mengatakan di hadapan wartawan kantor berita waktoe, berterima kasih dipercaya tampil, dan ini menandakan PKB menjunjung tinggi tradisi Jawa dan Jawa Tengah tradisi yang melekat salah satunya tari gambyong.
Memetakan dari Ranting
Aly Taufik, Wakil Ketua Umum bidang Pemenangan dalam sambutan launching pendaftaran bakal calon legislatif tahun 2024 yang juga anggota DPR RI dari fraksi PKB menyampaikan, dihadapan  Ketua DPC PKB Bambang Susanto yang juga sekaligus wakil Bendahara DPP, baru saja Klaten bergetar atas keberadaan Muhaimin Festival sebagai pertanda PKB Klaten kedepan akan cerah.
Waketum pemenangan pemilu ini  menyampaikan, pemilu 2024 sudah diambang pintu, PKB memulai dari awal untuk memetakan kekuatannya, target pemenangan di level masing masing, menang pemilu, pilpres dan kepala daerah.
Dari target 100 kursi DPR RI Partai Kebangkiutan Bangsa bisa memperoleh  58 kursi dari 80 Dapil, 33 Dapil yang belum terisi. Dan, Klaten kategori rawan, artinya jika tidak serius bisa diambil orang lain.
Ada konsultan yang kita rangkul dan berharap konsentrasi untuk membedah. Dari 50 kursi untuk  mengusung dalam Pilkada Klaten, modalnya 10 kursi (20%). PKB dilahirkan alim ulama tetapi pemilihnya jangan hanya alim ulama dan santri tetapi harus dari yang lain juga. Potensi itu ada, jika kader kita menjadi calon presiden dan wakil presiden, termasuk di Pilkada baik Gubernur maupun Bupati.
Berjuang di PKB tidak mudah, di dunia politik hari-hari terus berjuang, dan ini merupakan ibadah, untuk kebesaran islam dan menjaga persatuan Indonesia. PKB satu-satunya partai islam ahlus sunnah wal jamaah yang menjaga keyakinan beragama yang kita pegangi.
Pertengahan 2023, baru ada pendaftaran, tetapi harus disiapkan  tokoh yang memiliki integritas, kapasitas, kapabilitas termasuk isitas (modal).Ini beratnya politik di Indonesia karena politik isitas, tidak bisa dipungkiri dan saat Gus Muhaimin ingin mencalonkan presiden selalu ditanyakan isitasnya.
Sampaikan ke masyarakat Klaten, sekali – kali yang menang warna hijau. Hijau kemarin  sudah tetapi diturunkan di tengah jalan. Jangan malu dan takut berjuang di PKB
Sesungguhnya berjuang di politik berat, launching ini sebagai getaran PKB di Klaten. Carilah calon anggota yang berpotensi menang, karena politik jelas hanya disoal menang dan kalah.
Mencontoh pemilu 1955, partai NU mendapatkan 18 persen suara nasional. Klaten harus mampu mendapatkan ke angka 10 persen, dan bisa mencalonkan Bupati atau Wakil Bupati.
“Kita harus tetap gagah, karena kita berpotensi menang, yang menentukan kemenangan salah satunya keyakinan dan mental menang, “Ujarnya menutup arahan kepada peserta.
Secara simbolis launching pendaftaran diwakili dari Sembilan unsur  perwakilan yang mengambil atau mendapatkan formulir pendaftaran bakal calon legislatif 2024.
Bambang Susanto: Mari Berjuang Bersama
Piercing klinik PKB dipimpin langsung oleh ketua DPC PKB Kab Klaten, Bambang Susanto, bersama  Lembaga Pemenangan Pemilu baik dari tingkat pusat hingga wilayah, gaya yang lugas ditampilkan BS memberikan dampak cairnya suasana.
Dalam arahanya, Bambang Susanto menitikberatkan pada penguatan kelembagaan dengan menitik beratkan di tingkat  ranting. Kekuatan kultural  diimbangi dengan kekuatan struktural untuk memenegement kekuatan kearah 2024.
Simpulnya di ranting yang sudah terbentuk. Dan, launching ini sudah  dinanti elemen masyarakat dan memunculkan calon calon legislatif yang handal  dan demi terwujudnya perolehan kursi dengan target Tujuh kursi di pemilu 2024.
Dan ini merupakan amanat dan instruksi dari DPP.
Artikel Terkait
album-art
Menyilau Hari Jadi Klaten
ADVERTISING