Kasus Stunting Tinggi, Bupati Romi Sentil OPD

waktoe.ID | TANJABTIM –  Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur) Romi Hariyanto sentil kinerja anak buahnya, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk serius dalam percepatan penanganan penurunan stunting. Disela-sela Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi dan Stunting di Aula Utama Kantor Bupati Tanjab Timur, Kamis (19/1/2023)

Bupati juga bahkan menegaskan akan memantau dan mengevaluasi kinerja seluruh OPD yang masuk dalam Tim Percepatan Penanganan Penurunan Stunting Kabupaten Tanjab Timur.

‘’Kalau progresnya stagnan, berarti Kadisnya yang harus kita evaluasi,’’ cetusnya.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh Kepala OPD untuk bekerja semaksimal mungkin dalam upaya percepatan penanganan penurunan angka stunting ini. Meski dengan segala keterbatasan yang ada, Bupati berharap masing-masing OPD mampu berkreasi dan melakukan terobosan mendorong percepatan penanganan angka stunting tersebut.

Untuk itu, lanjut Bupati, butuh Kerjasama dan sinergitas seluruh stakeholder yang ada dalam upaya percepatan penangan penurunan angka stunting tersebut.

‘’Kita bekerja Tim, artinya kita hilangkan ego sektoral. Kita bukan untuk saling menyalahkan, tapi bersama bagaimana percepatan penanganan penurunan angka stunting ini dapat segera dilaksanakan dengan baik,’’ ujarnya.

Bupati juga berharap dukungan dari seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur juga turut membantu dalam percepatan penanganan angka stunting ini. Ia meminta perusahaan ini terlibat aktif sesuai dengan wilayah kerjanya masing-masing-.

‘’Kita minta pihak perusahaan ini mendukung secara permanen. Jadi ini secara terus menerus bersama dengan pemerintah menuntaskan penurunan angka stunting di lokus-lokus yang ada,’’ ungkapnya.

Kontribusi seluruh OPD dan pihak perusahaan ini sangat penting agar percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tanjung Jabung Timur segera diminimalisir. Masyarakat yang terdampak stunting pun agar segera dilakukan upaya penanganan dan pencegahan.

‘’Tentu tim sudah memetakan persoalan-persoalan yang ada di lapangan, ini perlu penanganan serius. Sekali lagi saya meminta seluruh OPD dan perusahaan untuk berperan aktif, sesuai dengan arahan presiden terhadap percepatan penanganan penurunan angka stunting.

Saya minta kita lakukan evaluasi per triwulan, jadi kita dapat mengetahui progresnya sejauh mana dan juga target-target yang akan dicapai nantinya,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robby Nahliansyah yang melanjutkan rapat pembahasan stunting ini meminta seluruh OPD untuk dapat memonitor pelaksanaan penanganan stunting. Ia juga meminta kepada OPD untuk tidak membebankan persoalan penanganan stunting ini pada Pemerintahan Desa saja.

‘’Kita yang harus support, jangan ini menjadi beban Kades di 14 lokus stunting,’’ tegas Wabup.

Artikel Terkait
album-art
Menyilau Hari Jadi Klaten
ADVERTISING