KSP Moeldoko Akan Tinjau Parit Culum II Jadi DMB

Desa Mandiri Benih (DMB) merupakan kelompok hamparan yang melakukan penangkaran benih padi secara mandiri dan swadaya, benih yang dihasilkan akan digunakan untuk budiaya secara umum. Kedaulatan benih merupakan kebutuhan fundamental yang harus dipikirkan dan digerakkan, salah satunya melalui Model Kawasan Mandiri Benih.
Sunarno

waktoe.ID | TANJAB TIMUR, INDONESIA, Senin, 5 September 2022 – Tanjab Timur rencana akan kedatangan orang penting di pemerintahan Presiden Joko Widodo, Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Moeldoko berencana akan menghadiri panen raya penangkaran padi di hamparan sawah di Parit Culum II, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kab. Tanjung Jabung Timur, pada Rabu, 7 September 2022 mendatang. 

Persiapan panen raya dilakukan oleh warga masyarakat khususnya kelompok tani Mekar Sari, baik infrastruktur hingga persiapan tahapan panen raya penangkaran benih padi varietas Impara 3.

 
Program panen raya ini tergolong khusus karena panen padi yang diperuntukan untuk benih lagi, atau sering disebut penangkaran benih di Desa Mandiri Benih.

 
Disampaikan Sunarno, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Tanjab Timur kepada Kantor Berita Waktoe, Senin, 5 September 2022, panen raya padi di Kelompok Tani Mekar Sari di Parit Culum II, acara dibuat di kelompok tani Mekar Sari. Kelompok Tani  Mekar Sari sendiri merupakan salah satu kelompok tani sebagai penggerak DMB (Desa Mandiri Benih).  Desa Mandiri Benih  yang mampu sebagai penangkar benih secara swadaya (tanpa bantuan pemerintah).
 
Untuk varietas benih yang ditangkarkan yakni Impara 3, biasanya benih akan dibeli oleh pihak ketiga (PT pertani dll) untuk disalurkan kepada pihak yang membutuhkan dengan harga E Katalog. “Harganya  sangat menguntungkan bagi petani, ” Ungkap Sunarno. 
 
Desa Mandiri Pangan,  di Desa Parit Culum II ini sudah berjalan Lima (5) tahunan. Awalnya didampingi dan dibantu pemerintah, terus dibina menjadi Desa Mandiri Benih, dan itu sekarang sudah bisa mandiri.
 
Mereka, kelompok tani ini sudah paham bagaimana melakukan budidaya/penangkaran benih, perlakuan terhadap benih, pemanenan dan perawatan pasca panen termasuk kesepakatan dengan pihak ke III.
 
Masih disampaikan Sunarno, dalam kesempatan panen raya  tersebut akan dilaporkan juga luas tanam dan luas panen tahun 2022 di Kab. Tanjab Timur baik melalui  program Gempita, APBD Provinsi maupun APBN.
 
Saat dipertanyakan kedatangan KSP Moeldoko, Kadis TPH di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ini, menyatakan kedatangan KSP Moeldoko kemungkinan tidak jadi, dikarenakan ada kegiatan beliau di IKN (Ibukota Nusantara), dan telah ada konfirmasi tadi sore, kita masih menunggu konfirmasi juga  dari Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Walaupun Moeldoko tidak jadi hadir, panen akan tetap dilaksanakan oleh Dirjen Tanaman Pangan  dan atau Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto.
 
 Perlu diketahui, desa mandiri benih merupakan program  Kementerian Pertanian dimana  mengusahakan benih secara mandiri. Program ini diharapkan mampu meningkatkan ketersediaan benih petani dan mengangkat benih unggul lokal. 

Peningkatan produksi nasional tanaman pangan, khususnya komoditas padi, jagung, dan kedelai menjadi perhatian dalam program strategis pemerintahan baru Indonesia untuk mewujudkan swasembada tiga komoditas tersebut. Penguatan kecukupan dan kedaulatan perbenihan tanaman pangan di setiap kawasan dirancang oleh Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) untuk menjadi salah satu pengungkit program pemerintah tersebut. 

Pertanian menjadi perhatian utama sehingga termaktub di posisi penting dalam program pemerintah. Balitbangtan dituntut harus merespon cepat terhadap perubahan, harus tetap bersemangat dan harus terus bekerja keras. Produk yang bersifat investment harus tercatat dan bermakna. Scientific report tetap menjadi kebutuhan dan ukuran keberhasilan, tetapi tidak boleh dilupakan bahwa logistik dari suatu produk harus semakin digerakkan. Kedaulatan benih merupakan kebutuhan fundamental yang harus dipikirkan dan digerakkan, salah satunya melalui Model Kawasan Mandiri Benih.

Artikel Terkait
album-art
Menyilau Hari Jadi Klaten
ADVERTISING