Mariontoni, Kadis PMD Tanjab Timur; Pilkades Serentak 2022 Lancar

waktoe.ID – TANJAB TIMUR, INDONESIA – Jum’at, 18 November 2022, setelah gelaran pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2022 di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi tergolong lancar, namun ada beberapa sengketa pilkada yang masih dalam proses penyelesaian. Dalam kesempatan ini reporter Kantor Berita Waktoe mendapat kesempatan untuk melakukan wawancara dengan Mariontoni, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan Pilkades serentak yang baru saja dilaksanakan.

Demikian petikan wawancara:

Setelah pilkades digelar, adakah sengketa dan bagaimana penyelesaiannya?

Dibilang sengketa tidak sengketa tapi ada gugatan 2 Desa, yang menggugat ini yakni Desa Simbur dan Pandan Lagan. Rata-rata ini persoalan yang disampaikan adalah adanya kegiatan politik uang. Sesuai aturan proses pengaduan sengketa maksimal 3 hari setelah perhitungan. Semula di panitia di tingkat Desa 7 Desa yang menyampaikan aduan, tetapi yang naik sampai di Kecamatan tinggal 2 Desa tersebut yang kemudian ditampung laporan dan di kroscek. dari hasil penyelidikan terdapat bukti otentik sumber dan cukup bukti 1 desa dan selesai di tingkat Kecamatan namun 1 Desa yakni Simbur Naik melanjutkan ketingkat Kabupaten. Sesuai Perda waktu 10 hari diteliti dan telah dilakukan rapat bersama team, hasilnya kurang cukup bukti, dengan demikian laporan tidak dilanjutkan dan berakhir dengan mencabut laporan sendiri.

Diagendakan kapan akan dilakukan pelantikan dan apakah dijadikan satu atau sesuai per Kecamatan?

Pelantikan berlaku sampai 23 Desember supaya Kades tidak dikurangi massa jabatannya. Dan, pelantikan akan dilakukan per Kecamatan. Untuk lokasi itu menjadi urusan Camat. Kita akan jadwalkan 24 Desember 2022 dilantik serentak langsung oleh Bupati.

Pesan penting apa bagi Cakades yang menang?

Kades yang tidak dan tidak mencalonkan kemarin sudah kita undang untuk menyelesaikan administrasi. Kepala Desa terpilih sebanyak 45 Kades dan sudah juga dikumpulkan, diharapkan nanti kepemimpinan tidak ada mengkotak-kotakan. Yang utama kita dorong ada perubahan dan inovaai baru terhadap Kades baru untk menata Desa yang baik kedepan.

Ada isu yang berkembang, bahwa kades per 2023 periodenya akan berubah menjadi 9 tahun dan tidak ada batasan masa bakti seperti sekarang 3 periode?, bisa di jelaskan soal isu tersebut?

Belum ada aturan soal itu, saya tidak mau berandai-andai.

Sehabis Pandemi Covid-19, dan isu global terkait resesi yang dimungkinkan akan terjadi inflasi, pesan terhadap pemdes bagaimana?

Daklah dan kita berharap Desa se Kabupaten Tanjung Jabung Timur tidak terdampak. Dinas PMD Tanjab Timur, kita mengajukan program Desa cerdas bersinergi dengan kementrian di pusat.Desa yang berbasis digital menggali memasarkan potensi desa lebih cepat melalui digital. Agar dapat terdeteksi dan dalam pembangunan tepat sasaran. Dan, program itu dibantu oleh kementerian berupa operasional penggerak digital dan perangkat komputer perdana, biaya jaringan internet. Untuk tahun 2023 yang mendapatkan program tersebut ada 25 Desa sebagai pilot projeck di Kabupaten Tanjab Timur.

Bagaimana implementasi Visi dan Misi Kades dalam meningkatkan Kemandirian melalui BUMDes ?

Akan kita lakukan pembinaan lebih intens dari 73 Desa ada 45 Desa terbentuk tapi keaktifannys belum optimal perlu diadakan peningkatan kedepan dalam pengelolaan BUMDes. Dan, kedepan kita akan buat badan hukum. Kedepan akan kita fasiltasi BUMDes bersama sekarang masih tahap sosialisasi dalam pengelolaan simpan pinjam.

Apakah para Kades baru sudah memahami issu terkini bidang Kesehatan, KB, PUG dan Kependudukan serta Kesejahteraan Sosial?

Persoalan semua itu tentu ini tujuan kita nanti akan diberikan pembekalan dalam hal Pemdes nantinya.Dan Kades baru harus cepat belajar dan menyesuaikan sesuai jabatan dan tupoksinya.

Bagaimana Sinergitas Program jika Kades yang terpilih bukan yang direkomendasi Bupati?

Tidak ada rekomendasi seperti itu, jadi terkait program semuanya  sama sesuai aturan yang sudah jelas itu yang akan terus kita laksanakan.

Artikel Terkait
album-art
Menyilau Hari Jadi Klaten
ADVERTISING