Terkait Kemacetan Panjang Truk Batubara, Ini Respon Gubernur Jambi Al Haris

WAKTOE.ID | JAMBI – Kemacetan panjang dalam beberapa hari ini terjadi di Jalan Lingkar Selatan. Ini diketahui terjadi akibat jalanan yang rusak dan padatnya angkutan batubara yang melintas.

Menanggapi hal ini Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan kemacetan panjang yang terjadi di wilayah Lingkar Selatan tersebut akibat jalan rusak parah di ruas jalan itu. Ia juga mengungkapkan telah menghubungi pihak balai jalan agar segera diperbaiki dalam dua hari kedepan.

“Tadi saya sudah telepon Kepala Balai Jalan karena itu jalan nasional. Saya minta dalam dua hari ini selesai diperbaiki oleh mereka, karena kalau jalannya jelek ini potensi untuk patah as itu tinggi,” kata Gubernur Al Haris, Selasa (11/10/2022).

Gubernur Al Haris juga menegaskan agar angkutan batubara yang beroperasi di Jambi, plat kendaraannya terdata sebagai plat Jambi agar pajak yang dihasilkan dapat membangun daerah.

“Saya sudah menginstruksikan agar kendaraan paling rendah itu tahun 2013. Saya akan menertibkan razia, kita minta plat kendaraan mereka plat Jambi semua. Kalau platnya Jambi ada pajaknya bisa untuk kita membangun daerah,” jelasnya.

Selain itu ia juga mengungkapkan, rencana jangka menengah agar pengerukan Sungai Batanghari segera dilakukan sebagai alternatif jalur angkutan batubara.

“Upaya jangka menengah Minggu lalu sudah ekspose, dengan TSS (Transportasi Sungai dan Samudra) yang akan mengeruk sungai Batanghari kita, agar jalan angkutan batubara kita juga bisa melalui sungai Batanghari,” tutup Gubernur Al Haris.(*)

Artikel Terkait
album-art
Menyilau Hari Jadi Klaten
ADVERTISING